Soenting Melajoe

Dahulu, setiap terdengar bunyi  pintu berderit aku akan sedikit-sedikit melongok  keluar jendela apakah Abak telah usai bekerja dari hoofdkantoor sembari berharap akan membawakan barang kesukaanku, buku dongeng anak Bintang Ketjil terbitan terbaru. Untuk menghilangkan jenuh menunggu, aku juga senang melahap buku berbahasa Belanda yang kupinjam dari rumah Ama Adiesa, amai angkatku yang gemar mengajariku berbahasa Belanda, membaca, dan menulis. Bagiku, berkat pengalaman belajar di masa belia inilah kecintaanku terhadap buku dan tekadku untuk memajukan pendidikan bagi kaumku semakin terpupuk.

Aku yang hidup pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, mengerti betul bagaimana terbengkalainya pendidikan untuk kaum putri. Mungkin bagi mereka perempuan-perempuan negeriku tidaklah lebih dari cukup sebagai seorang “buntut” yang tidak memiliki kuasa apa-apa. Kegusaran inilah yang kemudian mendorong hati nuraniku  mendirikan sekolah Kerajinan Amai Setia sebuah sekolah kecil kepandaian putri.  Nafas perjuangan  terhadap pendidikan perempuan juga aku diskusikan dengan  Uda Abdul, suami  kakak sekaligus guru bagiku. Dengan dukungan penuh, aku kemudian melebarkan perjuangan ini melalui buah pikiran yang dicurahkan dalam sebuah nieuwsblad ,koran Soenting Melaju.Bagiku ,tak ada rasa penyesalan meski rundungan dan  pengawasan ketat senantiasa  membayangi langkahku. Dalam prinsipku, perputaran zaman tidak akan pernah membuat wanita menyamai laki-laki.Wanita akan tetap menjadi wanita dengan segala kemampuan dan kewajibannya.Yang harus berubah ialah wanita harus mendapat pendidikan dan perlakuan yang baik .Wanita harus sehat jasmani dan rohani ,berakhlak dan berbudi pekerti luhur  serta taat beribadah yang kesemuanya hanya akan terpenuhi dengan mempunyai ilmu pengetahuan.

Ik ben Roehana Koeddoes ,welkom op de ambactsshool genaamd Amai Setia. Van Mevrouw Julia heb ik vernomen dat u een interessant manuscript over vrowen heft woor mijn krant ?

Penulis : Restu Wardhani (Divisi Redaksi Beranibaca)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *