Review Buku – Challenge Maret 2021 – Parvana 1: Sang pencari nafkah (Deborah Ellis) Oleh : Nur Zainah Z

Judul buku: Parvana 1 (Sang pencari nafkah)
Nama Penulis: Deborah Ellis
Nama Penerbit : KPG
Nama pengulas: Nur Zainah Z
IG pengulas: @Inazainahz

Buku yang menceritakan kisah perjuangan Parvana, seorang gadis berusia 11 tahun, yang tinggal di Afghanistan pada masa rezim militer Taliban. Parvana berasal dari keluarga berpendidikan, Ayahnya lulusan Inggris, dan ibunya bekerja sebagai jurnalis di kantor berita ternama. Taliban melarang para wanita keluar dari rumah mereka tanpa laki- laki pendamping dan burqa. Jadi semua sekolah ditutup, tidak ada lagi wanita yang bekerja dan belanja di pasar. Parvana mempunyai seorang kakak perempuan bernama Nooria yang sudah berumur 17 tahun. Adiknya Ali yang masih berumur beberapa bulan, dan Maryam yang berumur 5 tahun. Parvana juga memiliki kakak laki- laki bernama Hosain yang sudah tiada.
Saat ayah Parvana ditangkap dan ditahan oleh Taliban, Parvana menggantikan posisi ayahnya mencari nafkah untuk leluarganya.

Penulis menceritakan dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Buku trilogi ini termasuk ringan dan sangat menyentuh hati. Apalagi jika bercerita tentang perang panjang yang tak berkesudahan. Kita seolah-olah bisa merasakan sendiri suasana mencekam dan menakutkan yang dialami Parvana.
Buku ini juga telah diangkat menjadi sebuah film yang memperoleh banyak penghargaan. Tapi tentu saja, dengan membaca bukunya langsung kita bisa membangun kesan dan imajinasi sendiri terhadap ceritanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *