Review Buku – Challenge Maret 2021 – Faces & Places (Desi Anwar) Oleh : Nur Zainah Z

Judul buku: Faces & Places
Nama penulis buku: Desi Anwar
IG penulis buku: @desianwar
Nama penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Nama pengulas: Nur Zainah Z
IG pengulas: @inazainahz

Sebagai jurnalis yang sering bepergian dan pelancong seumur hidup, Desi Anwar sudah mengunjungi banyak tempat di seluruh dunia, bertemu dan mewawancarai tokoh-tokoh internasional serta sosok-sosok penting selama tahun-tahunnya sebagai pembawa acara bincang-bincang dan pembaca berita televisi papan atas Indonesia.
Di Faces & Places Desi mengompilasi sejumlah catatan perjalanannya selama beberapa tahun terakhir, yang awalnya diterbitkan di kolom mingguan dalam harian berbahasa Inggris The Jakarta Globe
Artikel-artikel itu berisi kesan dan kekaguman pribadi, serta sketsa verbal yang ditangkap saat Desi berusaha memahami dan terhubung dengan lingkungan barunya, entah itu Lingkaran Artik yang dingin bersalju, Turki yang memukau, jalanan kota Paris yang romantis, atau pantai-pantai Belitung yang memesona.
Tulisan-tulisan itu juga merefleksikan pribadi-pribadi yang ditemuinya. Sosok seperti Yang Mulia Dalai Lama, pengusaha terkaya di dunia Bill Gates, pemerhati lingkungan yang mencintai orangutan, politisi, kepala negara, dan banyak lagi.

Siapa yang tidak kenal dengan Desi Anwar?
Salah satu jurnalis senior yang juga melegenda dengan gaya khas rambut pendeknya.

Dalam bukunya ini, Desi Anwar selalu memberi kesan magis disetiap bab yang berkisar 2-4 lembar saja. Ia mampu menggambarkan kemegahan nan mempesona dari tempat-tempat yang ia datangi. Ia membawa kita turut merasakan eksotismenya.Banyak sekali yang menjadi part favorit saya, seperti mengejar api biru di Gunung Ijen, Petualangan Yordania, Macchu Picchu, dll.

Begitu juga orang-orang hebat yang ia wawancarai. Dengan sudut pandangnya, Desi mampu membawa kita berpikir seperti seorang jurnalis. Bagaimana kegirangan dan kegugupannya yang datang disaat bersamaan. Benar-benar luar biasa. Favorit saya saat ia mewawancarai Pak moerdiono. Keren Sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *