Press Release – Challenge Baca by Beranibaca Periode September 2021 Batch 33

Poster by Divisi Media Beranibaca

Challenge Baca !! Siapa aja nih yang kangen dengan Challenge Baca dari Beranibaca? Pasti ada banyak teman-teman yang kangen karena Beranibaca di Bulan Agustus 2021 harus off challenge dahulu dan mulai membuka challenge kembali di September 2021.

Tapi meskipun ada yang kangen, pasti ada juga yang masih belum tau apa sih Challenge Baca dari Beranibaca itu? Jadi setiap bulan, Komunitas Beranibaca membuka challenge baca yang nanti akan diikuti puluhan peserta dari berbagai kota dan daerah di Indonesia. Metode challengenya mudah, kita cukup membaca buku apapun, genre apapun, baik buku fisik maupun e-book, selama 15 hari minimal 1 lembar per hari. Setelah selesai membaca buku, peserta akan diminta untuk membuat ulasan dari buku yang dibacanya. Selain itu peserta juga bisa berdiskusi tentang buku yang dibacanya di grup global untuk memperkaya pengetahuannya dan memperluas jaringan pertemanannya.

Meskipun dinamakan challenge baca dari Beranibaca, tapi sebenarnya challenge ini menantang diri kita sendiri, lho! Mampukah kita membuat kebiasaan baru untuk membaca buku setiap harinya secara disiplin, rutin, dan teratur. Peserta diberi kesempatan untuk ‘bolong’ alias tidak melaporkan bacaannya selama 1 hari maksimal setiap periode challenge atas dasar apapun. Jika lebih dari itu, maka terpaksa harus dikeluarkan dari challenge. Tak jarang ada yang gagal di hari kedua challenge, saking beratnya challenge-nya, atau mungkin saking lemahnya kemampuan kita untuk disiplin membaca. Semuanya diuji di challenge ini.

Kak Okky selaku Ketua Challenge periode ini, dan Kak Indri dari Divisi Admin menyampaikan bahwa ada total 96 peserta yang ikut untuk Challenge periode ini yang dibagi menjadi 6 grup dan masing-masing digawangi oleh 2 admin dari Komunitas Beranibaca. Ketika ditanya apa yang kurang dari challenge periode ini, Kak Indri menyampaikan kalau masih butuh sosialisasi aturan yang lebih jelas dari admin kepada peserta. Selain itu juga Kak Indri menyampaikan kalau challenge ini agak berbeda dari sebelumnya, karena disini sistemnya untuk dinyatakan lulus, peserta harus berhasil membaca minimal 1 buku dan membuat ulasannya dibanding sebelumnya yang hanya tidak boleh absen membaca setiap hari untuk dinyatakan lulus.

Dengan segala situasi yang terjadi, tak sedikit pula yang harus gugur di tengah perjalanan. Terhitung saat di akhir challenge hanya tersisa sekitar 50-an peserta saja yang berhasil lulus challenge baca ini. Meskipun demikian, ada puluhan ulasan juga yang berhasil dihasilkan oleh teman-teman dari peserta challenge ini.

Screencapture perkenalan Ketua Challenge Periode September 2021
Screencapture salah satu ulasan peserta challenge

Apa tanggapan dari para peserta challenge kali ini ?

Salah satu peserta yaitu Kak N.Aisyah Utamami dari Bogor, menyampaikan kalau dengan ikut Challenge baca ini, sekarang kalau belum membaca satu dua halaman setiap hari, maka seperti ada yang kurang. “Karena aku baru ikutan sekali nih Kak, aku merasa, kalau challenge ini sudah cukup baik untuk membantu aku membiasakan diri membaca tanpa libur,” lanjutnya ketika ditanya tentang saran apa untuk kedepannya oleh Humas Beranibaca via WhatsApp.

Lain lagi pendapat dari Kak Tita Arba Legina dari Pekalongan. Ia menyatakan kalau awalnya sempat takut mengikuti challenge ini. “Awalnya si agak takut tapi lama-lama seru & ngerasa semangat buat report tiap harinya”, jelas Kak Tita saat ditanya tentang rasanya ikut challenge ini.

Nah, itu tadi rangkuman acara untuk Challenge Baca oleh Komunitas Beranibaca Periode September 2021. Apa kamu tertarik dan tertantang untuk ikut challenge ini di periode berikutnya? Pantengin terus Instagram Beranibaca di @beranibaca ya..

Ssst, Mimin Humas beri bocoran ya, biasanya setiap open challenge, kuotanya langsung penuh bahkan dibawah 2 jam setelah dibuka, jadi jangan lupa aktifkan notifikasi untuk instagram Beranibaca, biar kamu gak kelewatan info-info seru selanjutnya.

Press Release by Humas Beranibaca.
Grup Challenge Baca Komunitas Beranibaca, 9 – 24 September 2021

Table of Contents
RELATED POST

Separo Topeng Biru

Duhai Separo Topeng Biru Kau membungkam lengkung bibirku Kau penghalang segala ambu Mengubah rona wajah jadi sendu Duhai Separo Topeng Biru Kau membelenggu segala tawa

Read More »

Jatuh Ke Lubang

Warna itu tidak pernah membosankan setiap kali aku melihatnya. Langit menampakkan warna oranye, sebelum kemudian berubah menjadi ungu, lalu biru tua, sebelum menjadi muda, dan

Read More »

Tutu yang Malang

“Ibu, apakah ada cara untuk menyelamatkan beruang kutub dan gunung es mereka?” Hari ini Oya dan Ibu membahas bumi yang semakin panas. Banyak hal terjadi

Read More »
SHARE THIS POST

Share to ...

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *