Latar Belakang Komunitas

Berdasarkan hasil riset bertajuk "Most Literated Nation in The World 2016" dari Central Connecticut State University pada Maret 2016, menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara dalam hal tingkat minat baca. Sedangkan berdasarkan dara UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangatlah memprihatinkan yaitu hanya 0.001%. Artinya dari 1000 orang Indonesia hanya ada 1 orang yang minat membacanya tinggi. Sedangkan penggunaan Internet dan Media Sosial semakin meningkat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, melihat kondisi tersebut kami sebagai pemuda Indonesia mendirikan sebuah komunitas Beranibaca.id yang berbasis sosial media sebagai wadah untuk meningkatkan minat baca bangsa Indonesia dengan cara yang dikemas semenarik mungkin.

Sejarah Komunitas

Komunitas Beranibaca.id didirikan secara resmi pada 17 April 2018 oleh 7 orang Founder yang berdomisili di Indonesia dan Luar Negeri. Adapun fokus isu yang diperjuangkan oleh komunitas ini adalah pada bidang literasi terutama dalam peningkatan minat dan daya baca melalui inovasi yang menggabungkan antara literasi dan teknologi, sehingga komunitas ini dapat menjangkau generasi bangsa Indonesia dengan lebih luas.

Jumlah Pengurus pertama komunitas ini yaitu 27 orang, yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan Luar Negeri.

Visi & Misi Komunitas

Kami punya visi untuk meningkatkan minat & daya baca bangsa Indonesia , dan juga mengenalkan dunia baca kepada generasi muda bangsa Indonesia.

Sebagai perwujudan atas visi kami diatas, kami punya misi yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan rutin membaca buku yang menarik ditengah generasi muda, meningkatkan jumlah orang Indonesia yang suka dan terbiasa membaca buku, selain itu memperluas hubungan kerjasama dengan pihak-pihak yang juga bergerak di bidang literasi.